TIM Dosen PBI UAD Lakukan Pengembangan Buku Ajar dengan Strategi Modular Learning di Era Pandemi


Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), melakukan penelitian terhadap penguasaan Bahasa Inggris siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta dalam rangka mengembangkan buku ajar. Penelitian ini dilakukan secara tim diantaranya Ratri Nur Hidayati, M.Pd.B.I., Nur Rifai Akhsan, M.Ed., dan Khafidhoh, M.Pd. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2021 sampai Januari 2022. Sebagai salah satu sekolah mitra PBI UAD, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta memiliki berbagai program kolaboratif diantaranya Conversation Class yang diperuntukkan bagi siswa kelas VII Bahasa.

Program tersebut telah dilaksanakan secara berkala sejak dibukanya kelas khusus bahasa. Pelaksanaan program tersebut sedikit terhambat karena pandemi COVID-19, sehingga pembelajaran harus dilakukan secara daring atau online. Pergantian metode online learning atau pembelajaran daring pun menemui hambatan. Yang pertama tidak semua guru dan siswa mampu mengoperasikan teknologi dengan baik, kedua kendala untuk pembelian paket data internet, ketiga kendala sinyal serta keterbatasan orang tua untuk membimbing anak-anaknya.

Upaya mengatasi hal tersebut, tim peneliti PBI UAD bersama guru sekolah berusaha mencari solusi melalui strategi modular learning dengan mendesain buku pembelajaran percakapan dengan judul “Swift English Conversation 1”. Buku pelajaran ini diperlukan sebagai basis dan sumber belajar yang efektif untuk pembelajaran di era new normal. Harapannya, buku ini bisa berfungsi sebagai teacher’s book atau buku pegangan guru. Kemudian, secara umum buku ini berisi tujuan pembelajaran, materi ajar, latihan-latihan, dan evaluasi.

Buku ini disusun melalui berbagai tahapan. Tahap pertama, melakukan analisis kebutuhan dengan subjek siswa kelas VII. Tahap kedua, diawali dengan membuat silabus serta template buku pelajaran berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Tahap ketiga, mengembangkan buku pelajaran dari silabus dan template buku pelajaran yang sudah dibuat sebelumnya. Tahap keempat, memvalidasikan buku pelajaran oleh ahli pengajaran bahasa Inggris dan ahli pengembangan buku pelajaran. Proses terakhir, buku pelajaran dilakukan revisi berdasarkan hasil validasi dari segi tampilan maupun isi.

Hasil dari penelitian yang menghasilkan buku ajar ini sangat disambut baik oleh Kepala Sekolah, guru, serta siswa kelas VII Bahasa - khususnya Program Conversation Class. Guru serta siswa memberikan respon positif kepada tim peneliti, yaitu guru terbantu untuk menyampaikan materi pelajaran meskipun dilakukan secara daring dan siswa mampu memahami materi dengan baik tanpa bertatap muka dengan guru secara langsung.

Post a Comment