PPM PBI Laksanakan Pelatihan English Classroom Instruction

Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) PBI UAD menggelar Pelatihan English Classroom Instructions and Vocabulary Mastery untuk guru TK ABA Nitikan Yogyakarta. Agenda yang diikuti sebanyak 11 guru ini digelar di Laboratorium Conference, Gedung Lab Terpadu, Kampus 4 UAD.

Pelatihan ini berlangsung dari hari Senin-Jumat (25-29 Juli 2022), mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB. Tim PPM PBI terdiri dari Khafidhoh, M.Pd (Ketua), Rifky Dora Wijayati, M.Hum (Anggota), Naurah Hasna Iftinan (Anggota mahasiswa), Muhammad Arifin dan Muhammad Thoha Ilyas (Tim teknis).

Dalam pelatihan tersebut Rifky Dora menyampaikan materi tentang ECI (English Classroom Instruction) dan VM (Vocabulary Mastery). Penggunaan metode yang sederhana sangat diperlukan untuk mengenalkan bahasa agar anak tetap bersemangat, mengingat bahasa Inggris bukanlah pelajaran yang mudah untuk diajarkan kepada anak TK maupun PAUD.

Salah satu metode yang cocok untuk pembelajaran bahasa Inggris untuk anak TK adalah dengan menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris. Metode tersebut akan sangat disukai anak-anak karena mereka merasa tidak sedang belajar melainkan bermain.

Ketua Tim PPM PBI, Khafidhoh, M.Pd., mengatakan bahwa Kegiatan ini penting untuk dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme guru TK ABA Nitikan khususnya terkait pembelajaran bahasa inggris. “Disamping itu kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kemitraan antara PBI UAD dan sekolah yang sudah terjalin lama.” Paparnya.

Siti Zuchroh, selaku Kepala Sekolah TK ABA Nitikan, mengaku sangat senang mengikuti pelatihan ini. “Banyak manfaat yang didapatkan yaitu menambah wawasan, mengingatkan Kembali pelajaran yang dulu pernah didapatkan, serta meningkatkan kinerja serta mutu guru di TK ABA Nitikan,” pungkas Siti.







Post a Comment