Mahasiswa dan Dosen PBI Lolos Publikasi Artikel di IJLEAL

Mahasiswa serta dosen PBI UAD berhasil mempublikasikan artikel di International Journal of Language Education and Applied Linguistics (IJLEAL), Malaysia. Penulis artikel tersebut adalah Anis Etikasari, Tita Hardiyanti serta Dr. Ani Susanti, M.Pd.B.I.

Judul artikel tersebut adalah “Investigating a Popular Belief: TV Series’ Roles in L2 Learners’ Speaking Fluency” yang dipublikasikan pada 10 April 2022. Artikel tersebut mengupas pengaruh menonton serial TV Inggris dapat membantu berbicra bahasa Inggris dengan lancar.

Hasilnya menunjukkan bahwa menonton serial TV bahasa Inggris bukanlah strategi utama untuk untuk mendapatkan kefasihan berbahasa Inggris. Namun serial TV memberikan peran dalam menambah kefasihan melalui motivasi, paparan belajar, kepercayaan diri dan perolehan fitur linguistik.

Aspek-aspek tersebut biasanya tidak ditemukan di lingkungan belajar formal seperti sekolah maupun kursus bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris memang tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat serta dengan metode tertentu saja. Semakin banyak paparan smakin mudah pula untuk menguasainya.

Post a Comment