UAD-STIPram Lakukan PKM Community Based Eduecotourism di Murtigading

Universitas Ahmad Dahlan dan STIPram berkolaborasi dalam pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Skeman Program Kemitraan Masyarakat (PkM) dalam agenda Pengembangan Community-based Eduecotourism di Desa Murtigading, Sanden, Bantul, Yogyakarta.

Tim PKM terdiri dari Dr. Ani Susanti S.Pd., M.Pd.BI, (Ketua), Uni Tsulasi Putri, M.H (anggota), N. Ardiansyah H, M.Pd.BI (Angota), Hassika Laila (anggota), Sukma Nazzalna Safaah (anggota), Nur Aisyah (mahasiswa), Ardliati Muharromah (anggota) dan Robiatul Adawiyah (anggota).

PKM tersebut berlangsung sejak Juni 2022 sampai Desember 2022. Pada Selasa (02/08/2022) dilaksanakan pelatihan serta pendampingan promosi wisata dalam kepemanduwisataan dan pembuatan konten promotive sosial media. Dengan narasumber kolaborasi praktisi kepariwisataa dan akademisi UAD dan STIPram.

Agenda tersebut bertempat di Atemo Homestay (homestay klasik dan asri milik Murtigading) dan melibatkan perangkat desa serta pegiat wisata desa dari UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan BUM-Kal (Badan Usaha Milik Kalurahan). Desa Murtigading terletak sangat strategis sejauh 2,5 km dari objek wisata Pantai Goa Cemara.

Desa ini memiliki potensi wisata alam dan sosial yang menarik dan patut dikembangkan; kuliner khas adrem dan lemper, seni eceng gondok yang sudah diekspor ke mancanegara, agrowisata kebun kelengkeng dan nanas bagong, serta sentra pengolahan sampah.




Post a Comment