Pelatihan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Berbasis PjBL

Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UAD Yogyakarta – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyelenggarakan Pelatihan Berbicara dalam Bahasa Inggris berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Diselenggarakan pada tanggal 12 dan 19 November 2022, bertempat di Laboratorium Bahasa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Pelatihan ini menghadirkan dua pemateri, yaitu : Khafidhoh, M.Pd. dan Ratri Nur Hidayati, M.Pd. Kedua pemateri tersebut merupakan Dosen Prodi PBI UAD sekaligus Tim Penyelenggara kegiatan. Dengan melibatkan Siswa Kelas Sembilan SMP Muhammadiyah Sembilan Yogyakarta, pelatihan ini berlangsung secara interaktif. Hal ini dapat dilihat dari antusias peserta saat mempraktekan materi yang telah di sampaikan. Selain itu, peran tim penyelenggara juga merupakan aspek penting dalam kesuksesan acara. Penyelenggara dari pelatihan ini terdiri dari Ratri Nur Hidayati, M.Pd., Khafidhoh, M.Pd., Naurah Hasna Iftinan, S.Pd., Aviq Yusuf Fernanda, Azzam Firdausi Irawan, dan Teddy Prasetia.

Pelatihan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Berbasis PjBL merupakan sebuah program pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh tim PkM PBI UAD dan bekerjasama dengan SMP Muhammadiyah Sembilan Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, hari pertama di isi dengan pendalaman materi terkait pronunciation atau pengucapan dalam Bahasa Inggris. Disini, siswa dibagi menjadi kelompok kecil yang berisikan dua orang untuk menjadi lawan bicara saat mempraktekan dialog yang telah dibagikan, nantinya setiap kelompok akan diminta untuk mempraktekan dialog dan direkam, sehingga nantinya rekaman tersebut dapat menjadi bahan pembelajaran Bahasa Inggris. Hari kedua, diisi dengan perekaman video yang berisi percakapan antar siswa di setiap kelompok.

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran dalam level Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun, pengucapan dalam Bahasa Inggris saat ini masih menjadi PR bagi sebagian orang. Hal ini karena kurangnya rasa percaya diri dan waktu yang kurang untuk menerapkan. Maka dari itu, pelatihan ini dapat bermanfaat bagi peserta, selain menambah ilmu, peserta juga dapat menerapkan pengucapan dalam Bahasa Inggris secara langsung dan dipandu oleh pemateri. Sehingga, peserta dapat langsung memperbaiki cara pengucapan dan memperoleh kepercayaan diri lebih dalam berbicara Bahasa Inggris.



Post a Comment