Tes Penjajagan TOEFL-LIke bagi Siswa MBS Pleret



Sebanyak 31 santriwan/ santriwati kelas XII Muhammadiyah Boarding School Pleret, Yogyakarta mengikuti Tes Penjajagan TOEFL-LIke di Laboratorium bahasa A, Gedung Lab Terpadu, Kampus 4 UAD pada Selasa, (13-12-2022). Tes tersebut berlangsung selama 2 jam, mulai 09.00 - 11.00 WIB. Para santri didampingi oleh Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Nurwanto, M.Pd serta Sonya Martian, S.Pd. selaku Guru Bahasa Inggris.

Sebelum mengikuti tes, laboran menjelaskan beberapa laboratorium serta fasilitas yang dimiliki oleh Prodi PBI. MBS Pleret dengan rutin mengirimkan santrinya ke Lab Bahasa PBI untuk mengikuti Tes Penjajagan TOEFL-Like satu tahun sekali. Hal tersebut merupakan jalinan kerja sama antara Prodi PBI UAD dengan MBS Pleret yang sudah berlangsung sejak tahun 2021.

Nurwanto, mengungkapkan rasa syukurnya karena santri MBS Pleret diberi kesempatan melakukan tes di PBI UAD. “Santri kami sangat senang telah mendapatkan pengalaman baru dengan mengikuti Tes TOEFL-Like ini. Semoga kesempatan seperti ini terus berlanjut termasuk dengan kerja sama yang lebih luas. Jazakumullah khairan katsiran PBI UAD” ungkap Nurwanto.

“Hasil TOEFL merupakan parameter kemampuan bahasa Inggris yang paling umum digunakan. Oleh karenanya para santri MBS Pleret diikutsertakan dalam penjajakan TOEFL di Lab PBI UAD. Meskipun persiapan kurang maksimal karena banyaknya kegiatan intra dan ekstrakurikuler, para santri sangat antusias mengikuti tes ini. Mereka mengetahui bahwa kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan nilai TOEFL merupakan modal awal untuk mendapatkan beasiswa baik di dalam maupun di luar negeri, juga untuk syarat melanjutkan studi atau pertukaran pelajar ke luar negeri.” tutur Sonya.

Khafidhoh, M.Pd, selaku Kepala Laboratorium memberikan tanggapan yang luar biasa karena masih SMA tapi sudah dipersiapkan untuk mengikuti Tes TOEFL guna mendapatkan beasiswa dll. “Semoga kerjasama ini terus berlanjut, tidak hanya tes saja tetapi juga pelatihannya agar santri terbekali dengan baik” tutur Khafidhoh sembari menutup pelaksanaan tes bagi santri MBS Pleret.





Post a Comment